Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Kirim Lamaran Lewat Email: Sukses Dapatkan Pekerjaan Impian dengan Mudah!


Insurance Gas/Electricity Loans Mortgage Attorney Lawyer Donate Conference Call Degree Credit Treatment Software Classes Recovery Trading Rehab Hosting Transfer Cord Blood Claim compensation mesothelioma mesothelioma attorney Houston car accident lawyer moreno valley can you sue a doctor for wrong diagnosis doctorate in security top online doctoral programs in business educational leadership doctoral programs online car accident doctor atlanta car accident doctor atlanta accident attorney rancho Cucamonga truck accident attorney san Antonio ONLINE BUSINESS DEGREE PROGRAMS ACCREDITED online accredited psychology degree masters degree in human resources online public administration masters degree online bitcoin merchant account bitcoin merchant services compare car insurance auto insurance troy mi seo explanation digital marketing degree floridaseo company fitness showrooms stamfordct how to work more efficiently seowordpress tips meaning of seo what is an seo what does an seo do what seo stands for best seotips google seo advice seo steps, The secure cloud-based platform for smart service delivery. Safelink is used by legal, professional and financial services to protect sensitive information, accelerate business processes and increase productivity. Use Safelink to collaborate securely with clients, colleagues and external parties. Safelink has a menu of workspace types with advanced features for dispute resolution, running deals and customised client portal creation. All data is encrypted (at rest and in transit and you retain your own encryption keys. Our titan security framework ensures your data is secure and you even have the option to choose your own data location from Channel Islands, London (UK), Dublin (EU), Australia.

cara mengirim lamaran lewat email
Cara Mengirim Lamaran Lewat Email: Panduan Lengkap untuk Sukses Mendapatkan Pekerjaan ImpianPada era digital seperti sekarang ini, mengirim lamaran kerja melalui email telah menjadi hal yang umum dilakukan. Metode ini tidak hanya efektif, tetapi juga memberikan kenyamanan bagi para pelamar kerja. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar email lamaran Anda dapat menarik perhatian perekrut dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan impian. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara lengkap cara mengirim lamaran lewat email yang sukses.

1. Perhatikan Subyek Email

Subyek email adalah hal pertama yang terlihat oleh penerima. Oleh karena itu, pastikan Anda menulis subyek yang menarik dan relevan dengan posisi yang Anda lamar. Gunakan kalimat yang singkat dan jelas untuk menarik perhatian perekrut.

subyek

2. Salam Pembuka yang Sopan

Salam pembuka adalah bagian penting dalam email lamaran. Mulailah dengan menyapa penerima dengan nama lengkap atau gelar yang tepat, seperti Bapak/Ibu [Nama Penerima]. Selanjutnya, tambahkan kata sapaan yang sopan seperti Hormat Saya.

3. Perkenalkan Diri Anda

Setelah salam pembuka, perkenalkan diri Anda secara singkat. Berikan informasi penting seperti nama lengkap, pendidikan terakhir, dan pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Pastikan untuk menjelaskan mengapa Anda tertarik dengan perusahaan tersebut.

4. Jelaskan Alasan Anda Melamar

Tuliskan dengan jelas dan singkat alasan mengapa Anda tertarik untuk bergabung dengan perusahaan tersebut. Berikan penjelasan mengenai keahlian atau pengalaman yang Anda miliki yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Pastikan untuk menekankan bagaimana kontribusi Anda dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan.

5. Lampirkan CV dan Surat Lamaran

Lampirkan CV dan surat lamaran kerja Anda dalam format PDF atau Microsoft Word. Pastikan Anda telah menyimpan dokumen-dokumen tersebut dengan nama yang jelas dan mudah dikenali, misalnya Nama Anda - Lamaran Posisi yang Dilamar.

contoh

6. Penutup yang Sopan

Sebelum menutup email lamaran Anda, sampaikan kembali apresiasi Anda terhadap waktu dan perhatian perekrut. Gunakan kalimat yang sopan dan ramah seperti Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu, saya sangat menantikan kesempatan untuk berkembang bersama perusahaan ini.

7. Cek Ulang dan Kirim Email

Sebelum mengirim email lamaran Anda, pastikan untuk memeriksa kembali kesalahan tata bahasa, pengejaan, dan format. Pastikan juga Anda telah mengisi alamat email penerima dengan benar. Jika perlu, mintalah bantuan dari teman atau keluarga untuk memeriksa email Anda sebelum dikirim.

8. Tunggu dengan Sabar

Setelah mengirim email lamaran Anda, bersabarlah menunggu respons dari penerima. Biasanya, perusahaan akan memberikan konfirmasi melalui email bahwa lamaran Anda telah diterima. Jika Anda tidak mendapatkan respons dalam waktu yang telah ditentukan, Anda dapat mengirimkan follow-up email yang sopan untuk menanyakan perkembangan lamaran Anda.

9. Jaga Etika Komunikasi

Saat berkomunikasi melalui email, jaga etika komunikasi yang baik. Gunakan bahasa yang sopan, hindari penggunaan kata-kata kasar atau tidak pantas, dan jangan menggunakan huruf kapital dalam seluruh kalimat (karena itu dianggap seperti berteriak).

10. Simpan Salinan Email Lamaran

Pastikan Anda menyimpan salinan email lamaran Anda beserta lampiran dalam folder khusus. Hal ini akan membantu Anda untuk melacak lamaran yang telah Anda kirimkan dan mempersiapkan diri jika diperlukan tindak lanjut atau wawancara.

Kesimpulan

Mengirim lamaran lewat email dapat menjadi langkah awal yang penting dalam mencari pekerjaan impian Anda. Dengan mengikuti panduan di atas, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan perhatian perekrut dan memenangkan hati mereka. Selalu perhatikan detail, gunakan bahasa yang sopan, dan jangan lupa untuk mengecek kembali email Anda sebelum mengirimkannya.

FAQs (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Berapa lama saya harus menunggu respons setelah mengirim lamaran lewat email?

Waktu respons bisa bervariasi tergantung pada perusahaan dan jumlah pelamar yang mendaftar. Biasanya, perusahaan akan memberikan konfirmasi penerimaan lamaran dalam beberapa hari atau minggu setelah Anda mengirim email.

2. Apakah saya perlu mengirimkan salinan email lamaran kepada lebih dari satu penerima?

Tidak, sebaiknya Anda hanya mengirimkan email lamaran kepada satu penerima yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Mengirimkan salinan email lamaran kepada lebih dari satu penerima dapat memberikan kesan kurang profesional.

3. Apakah saya harus mencantumkan riwayat hidup lengkap dalam email lamaran?

Tidak perlu mencantumkan riwayat hidup lengkap dalam email lamaran. Lampirkan CV terpisah yang berisi detail riwayat hidup Anda. Dalam email lamaran, berikan ringkasan singkat tentang diri Anda dan alasan mengapa Anda tertarik dengan posisi tersebut.

4. Apakah saya perlu menulis surat lamaran terpisah dalam email?

Tidak perlu menulis surat lamaran terpisah dalam email. Tuliskan surat lamaran Anda sebagai bagian dari isi email lamaran. Pastikan untuk menulisnya dengan jelas dan singkat.

5. Apakah saya perlu mengirimkan email follow-up setelah mengirim lamaran?

Jika Anda belum menerima respons dalam waktu yang telah ditentukan, Anda dapat mengirimkan email follow-up yang sopan untuk menanyakan perkembangan lamaran Anda. Namun, pastikan Anda tidak mengirimkan email follow-up terlalu sering atau terlalu cepat.

Dengan mengikuti panduan di atas, Anda akan dapat mengirim lamaran lewat email dengan lebih efektif dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan impian. Jaga kesopanan dan profesionalitas dalam setiap komunikasi melalui email, dan jangan lupa untuk mengikuti petunjuk yang diberikan oleh perusahaan yang Anda lamar. Semoga sukses dalam perjalanan karier Anda!

Video Cara Ampuh Nulis Email Lamaran Kerja #Short #tipskerja #tipsnulisemail #lamarankerja #lamaran


Visit Video