Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Praktis Membuat Donat Kentang Lezat di Rumah: Resep & Tips!


Insurance Gas/Electricity Loans Mortgage Attorney Lawyer Donate Conference Call Degree Credit Treatment Software Classes Recovery Trading Rehab Hosting Transfer Cord Blood Claim compensation mesothelioma mesothelioma attorney Houston car accident lawyer moreno valley can you sue a doctor for wrong diagnosis doctorate in security top online doctoral programs in business educational leadership doctoral programs online car accident doctor atlanta car accident doctor atlanta accident attorney rancho Cucamonga truck accident attorney san Antonio ONLINE BUSINESS DEGREE PROGRAMS ACCREDITED online accredited psychology degree masters degree in human resources online public administration masters degree online bitcoin merchant account bitcoin merchant services compare car insurance auto insurance troy mi seo explanation digital marketing degree floridaseo company fitness showrooms stamfordct how to work more efficiently seowordpress tips meaning of seo what is an seo what does an seo do what seo stands for best seotips google seo advice seo steps, The secure cloud-based platform for smart service delivery. Safelink is used by legal, professional and financial services to protect sensitive information, accelerate business processes and increase productivity. Use Safelink to collaborate securely with clients, colleagues and external parties. Safelink has a menu of workspace types with advanced features for dispute resolution, running deals and customised client portal creation. All data is encrypted (at rest and in transit and you retain your own encryption keys. Our titan security framework ensures your data is secure and you even have the option to choose your own data location from Channel Islands, London (UK), Dublin (EU), Australia.

cara membuat donat kentang
Cara Membuat Donat Kentang: Resep Sederhana yang Lezat dan Menggugah Selera

Pendahuluan

Donat merupakan salah satu jenis makanan ringan yang populer di seluruh dunia. Rasanya yang lezat dan teksturnya yang lembut membuat donat menjadi camilan favorit banyak orang. Salah satu variasi donat yang tak kalah enak adalah donat kentang. Jika Anda ingin mencoba membuat donat kentang sendiri di rumah, berikut adalah resep sederhana yang bisa Anda ikuti.

Donat

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan donat kentang, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan-bahan berikut:

  1. 200 gram kentang, kukus dan haluskan
  2. 350 gram tepung terigu
  3. 100 gram gula pasir
  4. 1 sendok teh ragi instan
  5. 50 gram mentega, lelehkan
  6. 2 butir telur
  7. 150 ml susu cair
  8. 1 sendok teh garam
  9. Minyak goreng secukupnya

Langkah-Langkah Pembuatan

Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda ikuti untuk membuat donat kentang yang lezat:

1. Persiapkan Adonan

Persiapan

Langkah pertama adalah mencampurkan tepung terigu, gula pasir, dan ragi instan dalam sebuah wadah besar. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.

2. Tambahkan Bahan Lainnya

Selanjutnya, tambahkan kentang yang telah dihaluskan, mentega leleh, telur, susu cair, dan garam ke dalam wadah yang berisi campuran tepung terigu tadi. Aduk semua bahan hingga membentuk adonan yang kalis dan elastis.

3. Diamkan Adonan

Diamkan

Setelah adonan terbentuk, diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam atau hingga adonan mengembang dua kali lipat. Tutup adonan dengan serbet bersih atau plastik wrap agar proses pengembangan berjalan dengan baik.

4. Bentuk Donat

Bentuk

Setelah adonan mengembang, tuangkan adonan ke permukaan yang telah ditaburi tepung terigu. Gulung adonan dan pipihkan dengan menggunakan rolling pin. Kemudian, gunakan cetakan donat untuk membentuk donat dengan lubang di tengahnya.

5. Goreng Donat

Goreng

Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Setelah minyak panas, masukkan donat ke dalam minyak dan goreng hingga kedua sisinya berwarna keemasan. Angkat dan tiriskan donat pada kertas minyak agar kelebihan minyak terserap.

6. Hias Donat

Hias

Setelah donat dingin, Anda dapat menghiasnya dengan taburan gula donat, cokelat leleh, atau selai favorit Anda. Donat kentang siap disajikan dan dinikmati!

Kesimpulan

Membuat donat kentang sendiri di rumah dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan dan memuaskan. Dengan resep sederhana ini, Anda dapat menciptakan donat kentang yang lezat dan menggugah selera. Selamat mencoba!

FAQs (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Berapa lama donat kentang dapat disimpan?

Donat kentang dapat disimpan dalam wadah kedap udara selama 2-3 hari.

2. Apakah donat kentang dapat dibekukan?

Ya, Anda dapat membekukan donat kentang setelah digoreng. Pastikan untuk membekukannya dalam wadah kedap udara agar tetap lezat saat dihangatkan kembali.

3. Bisakah saya menggunakan kentang yang telah direbus?

Untuk hasil terbaik, disarankan menggunakan kentang yang dikukus dan dihaluskan. Namun, jika tidak ada kentang kukus, Anda dapat menggunakan kentang yang direbus dengan tekstur yang lembut.

4. Apakah saya dapat mengganti susu cair dengan susu bubuk?

Iya, Anda dapat menggunakan susu bubuk yang telah dilarutkan dengan air sebagai pengganti susu cair.

5. Bagaimana cara membuat donat kentang yang tanpa ragi?

Jika Anda ingin membuat donat kentang tanpa ragi, Anda dapat menggunakan baking powder sebagai pengganti ragi. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan baking powder.

Video 5 Menit, Anti Kempes! Resep Donat Kentang Krispi Dan Lembut [100% Sukses]


Visit Video